Selasa, 09 Oktober 2012

Pangsit Goreng


Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit (wonton) termasuk salah satu jenis dim sum.
Isi pangsit umumnya dibuat dari udangdaging babi, atau sayuran. Di Indonesia, isi pangsit terutama dibuat dari udang atau campuran daging ayam dan udang dengan tambahan jahebawang bombay, atau bawang putih yang dicincang. Bumbu untuk isi pangsit bisa berupa kecap asin,saus tiram, dan minyak wijen.
Kulit pangsit dibuat dari adonan tepung terigu, air, dan garam dapur. Adonan ditipiskan dan dipotong-potong berukuran persegi. Selain bisa dibuat sendiri, kulit pangsit bisa dibeli dalam kemasan berisi 10 hingga 20 lembar. Sewaktu membuat siomay (bukan tahu bakso), kulit pangsit dipakai sebagai pembungkus daging cincang.

Bahan
20 lembar kulit pangsit (siap pakai)
minyak untuk menggoreng
air untuk merekatkan


Bahan isi
100 gram udang kupas, cincang halus
100 gram daging ikan kakap, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sendok makan minyak wijen
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
3 tangkai daun bawang, iris halus
1 sendok makan tepung kanji

Cara membuat





  1. Aduk bahan isi sambil dibanting-banting hingga kalis
  2. Ambil selembar kulit pangsit, tambahkan satu sendok teh isi di tengahnya
  3. Lipat lalu temukan kedua ujungnya. Rekatkan dengan air sambil ditekan agar menempel. Lakukan hal yang sama pada kulit yang lain.
  4. Goreng dalam minyak panas sampai kering.
"note: Gunakan api yang sedang supaya isi pangsit matang. Setelah digoreng, pangsit sebaiknya disimpan di dalam kotak kedap udara agar tidak melempem."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar